Teknologi Informasi dalam Bisnis

  • Home
  • Teknologi Informasi dalam Bisnis

Saat ini kita pasti setuju kalau kehidupan sekarang sebagian besar di pengaruhi oleh teknologi. Contohnya saja handphone, tv, AC dan masih banyak lagi perangkat yang digunakan. Hal ini juga dirasakan oleh dunia bisnis, terutama untuk memperkenalkan produknya ke lingkungan yang lebih luas. Biasanya kita bisa lihat dari Instagram, Tiktok dan sosial media lainnya video-video singkat atau gambar yang berisi tentang informasi produk atau bisnis mereka. Sebagai konsumen juga dimudahkan dalam mencari barang atau jasa yang diinginkan. Namun banyak lagi teknologi yang bisa digunakan untuk membuat semua aktivitas bisnis semakin mudah, cepat dan juga aman.

Teknologi informasi membuat bisnis bisa mencapai jangkauan yang lebih luas. Bagi perusahaan sekarang lebih mudah untuk melakukan bisnis di seluruh dunia. Untuk berkomunikasi saja bisa menggunakan email, teks, pesan instan, situs web, telephone dan banyak aplikasi lain dengan lebih cepat dan mudah. Teknologi juga mempermudah antar pegawai saling bertukar data di dalam departemen maupun antar departemen dalam perusahaan. Data yang ada juga harus dilindungi dari para pesaing maupun pihak lain yang mencoba ingin mengganggu jalannya perusahaan, karena itu kemanannya juga perlu dijaga.

Teknologi juga bisa mempermudah pegawai untuk mengelola dan mendapatkan data yang ada. Seperti untuk absensi, penginputan data, melihat report atau history dan masih banyak lagi.  Dengan teknologi juga mempermudah pegawai untuk membawa pekerjaan kemana saja contohnya saja, selama COVID-19 hampir semua perusahaan menerapkan sistem kerja dari rumah.

Di dalam teknologi informasi terdapat beberapa komponen pendukung, diantaranya ada komputer atau laptop yang sering kita gunakan. Dan tentu saja komponen lainnya adalah software atau aplikasi-aplikasi di dalam komputer kita yang bisa kita gunakan untuk membantu pekerjaan kita. Kemudian ada jaringan komputer ataupun internet yang digunakan agar bisa saling bertukar informasi dan mendapatkan informasi dari dunia luar untuk membantu pengambilan keputusan dalam perusahaan. Ketiga komponen ini saling bergantung, teknologi informasi harus didukung dengan perangkat keras yang memadai sesuai dengan keperluan, software atau aplikasi yang menunjang serta jaringan yang cepat dan stabil agar data serta informasi yang didapat dan diberikan juga sesuai.

Penggunaan teknologi informasi saat ini memang sangat membantu di segala aspek kehidupan kita. Namun ingat untuk selalu waspada dalam penggunaannya jangan sampai data penting tersebar dengan luas tanpa proteksi atau karena penasaran atau tertipu dengan iming-iming hadiah kita membuka link yang sebenarnya berisi virus yang akhirnya menyerang komputer dan bisa jadi merambat ke tempat data bisnis kita tersimpan. Tidak hanya diri sendiri yang rugi tapi juga perusahaan dan orang lain.

Penulis: Sionnita Anggraeni Pramuningtyas

Tags: , ,

Leave A Comment

sixteen − 11 =