Kreativitas di Tempat Kerja

  • Home
  • Kreativitas di Tempat Kerja

Apakah pekerjaan SIPtizen di kantor membutuhkan kreativitas untuk diselesaikan? Yuk kita belajar sedikit mengenai fungsi otak manusia yang berhubungan langsung dengan kreativitas.

Ada sebuah konsep yang bernama DMN (Default Mode Network) yang mengacu pada bagian dari otak manusia yang berfungsi untuk melakukan produksi aliran aktivitas kognitif secara terus menerus.

Saat DMN aktif, pikiran manusia akan cenderung terangsang untuk melakukan aktivitas berfikir secara intensif, atau mungkin di zaman sekarang lebih sering dikenal dengan istilah ‘deep thinking‘.

Hal ini dapat digunakan oleh individu untuk merangsang otak untuk berfikir dengan cara yang tidak dengan biasanya dan harapannya dapat membantu kita mencapai produk kreatif yang kita inginkan dari pikiran-pikiran tidak lazim ini.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk merangsang DMN. Salah satunya adalah dengan melakukan sedikit adjustment pada lingkungan kita.

Contoh penyesuaian yang dapat dilakukan –>

  1. Pergi ke alam terbuka

Pergi ke tempat yang banyak mengandung pepohonan dan warna hijau bisa merangsang DMN kita untuk membantu menghasilkan outlet kreatif. Berada pada suasana yang tidak biasanya kita temui sehari-hari ini dapat membuat otak kita berfikir dengan cara baru yang mungkin tidak akan terjadi jika kita tetap diam di lingkungan kita yang semula. Berenang di sebuah tempat, melakukan limitasi terhadap indera pengelihatan, pendengaran, dan peraba kita juga dapat menghasilkan efek yang sama. Jadi, rencana untuk ‘healing’ ke alam bukanlah sebuah ide yang buruk untuk mengobati kepenatan akibat pekerjaan yang kadang mungkin terasa begitu-begitu saja.

  • Pergi ke daerah ‘kota’

Tempat yang ramai (pada taraf tertentu) juga dapat membantu kita melakukan aktivasi DMN. Melihat aktivitas orang-orang yang melakukan segala hal dengan cepat dan tertata bisa membuat otak kita terangsang untuk melakukan hal yang sama. Prospek bertemu dan melakukan koneksi dengan banyak orang di tempat yang ramai juga dapat membantu kita terpapar dengan perspektif yang beraneka ragam pastinya akan semakin memacu otak kita untuk berfikir kreatif lebih jauh lagi. Nongkrong cantik bersama teman-teman kantor di coffee shop hits di tengah kota yuk?

  • Pergi ke tempat baru

Mengunjungi tempat yang sebenarnya ‘bukan saya banget’ itu juga bisa menjadi salah satu trigger DMN. Berada di lokasi yang selama ini kita rasa kita tidak akan cocok, atau berbicara dengan orang yang latar belakangnya tidak pernah kita rencanakan sebelumnya dapat membuat otak kita berada pada keadaan ‘baru’ ini yang dapat menghasilkan output pikiran yang tidak biasanya terbentuk. Intinya pergi ke lingkungan yang berbeda dari lingkungan yang biasanya sehari-hari kita kunjungi akan mampu membuat kreativitas dalam otak kita tetap terjadi.

“Duh, saya tidak ada waktu dan sumber daya untuk pergi ke tempat lain nih. Apakah ada saran?”

Tentunya bisa. Jika kita tidak dapat pergi ke luar, kita bisa saja membawa kondisi di luar ke dalam tempat kita bekerja. Contohnya:

(1) Dekorasi meja atau ruangan kerja dengan tanaman, atau barang lainnya yang berwarna hijau atau biru.

(2) Gunakan aplikasi yang ada untuk membuat kita merasa kita sedang berada di tengah kota yang sedang sibuk. Mungkin dengan suara-suara yang ada di Youtube atau situs lainnya.

(3) Gunakan wallpaper komputer yang berganti-ganti, pasang lagu dengan genre dan asal yang bermacam-macam, atau kunjungi restoran baru saat jam makan siang

Jangan lupa untuk tetap kreatif, SIPtizen!

Penulis : Alvin,  Editorial : Via

Leave A Comment

twelve + seven =