4 Alasan Kenapa Mengetahui KPI Sendiri Itu Penting

  • Home
  • 4 Alasan Kenapa Mengetahui KPI Sendiri Itu Penting

Key Performance Indicators (KPI), adalah sebuah nilai terukur yang menunjukkan seefektif apa sebuah organisasi/individu dalam mencapai objektif kunci dalam pekerjaan/bisnisnya. Sebagai seorang employee di sebuah perusahaan, pastinya masing-masing dari kita memiliki KPI kita masing-masing. Sebenarnya KPI itu penting ga sih?

‘Kenapa KPI itu penting bagi kita sebagai karyawan disebuah perusahaan?’

Seperti definisinya, KPI merupakan tujuan-tujuan kunci kita dalam bekerja, serta ukuran tentang seberapa baik kita dalam melakukannya. Pekerjaan kita pastinya akan semakin terarah dan jelas saat kesepakatan ini telah terbentuk. Selain itu, KPI juga dapat memberikan efek positif berupa:

1. Moral Booster

Saat seorang individu menyelesaikan pekerjaannya yang, secara data, menunjukkan hasil yang baik, dapat muncul perasaan bangga serta rasa kepemilikan terhadap hasil kerja kerasnya. Saat hal ini terjadi dan individu tersebut juga mendapat apresiasi dari atasannya, peristiwa tersebut dapat menciptakan motivasi dari dalam diri individu untuk menjaga performanya tetap baik di kemudian hari.

2. Media Monitor Akuntabilitas Pribadi/tim

Saat kita tahu peran diri kita dan juga peran anggota tim kita, akan terbentuk sebuah pemahaman dan pengertian bahwa pekerjaan tertentu merupakan tanggung jawab siapa. KPI juga dapat digunakan sebagai alat agar kita dan juga tim kita dapat bekerja sesuai dengan porsi serta kesepakatan yang sudah ditentukan di depan.

3. Pendorong Pengembangan Diri

KPI dapat digunakan sebagai alat ukur untuk melihat di bidang mana kita sudah mengerjakan sebuah pekerjaan dengan baik, dan di bidang mana kita dapat meningkatkan lagi performa kita. Hal ini berarti KPI dapat membantu kita dalam menentukan langkah-langkah pengembangan diri untuk menjadi lebih baik lagi secara professional.

4. Pendukung Budaya Bekerja yang Positif

Terakhir, KPI juga dapat dijadikan alat untuk membantu menciptakan budaya bekerja yang positif. Saat sebuah perusahaan mengaplikasikan konsep bahwa karyawan yang pekerjaannya lebih baik dari teman sejawatnya akan mendapatkan reward yang lebih baik juga, KPI dapat dijadikan indikator pencapaiannya. Saat perusahaan mengaplikasikan konsep ini, akan terbentuk motivasi dari dalam diri karyawan untuk memberikan usaha terbaiknya dalam bekerja karena effort yang dia berikan akan diakui dan diapresiasi.

Jadi itu adalah beberapa efek positif yang bisa kita rasakan saat kita menggunakan KPI dengan optimal. Bagaimana Siptizen, kamu sudah paham KPI-mu belum?

Penulis: Alvin Chris

Leave A Comment

5 × 1 =