Kiat Menjaga Kesehatan Di Tempat Kerja

  • Home
  • Kiat Menjaga Kesehatan Di Tempat Kerja

Men sana in corpore sano, yang artinya adalah “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Tubuh yang sehat bagi karyawan kantor memiliki keuntungan  tidak hanya untuk perusahaan, tetapi juga terhadap diri sendiri. Seperti tidak adanya absen yang dapat membuat kerjaan terhambat, menghindari stress dan lebih produktif dalam bekerja.

Lebih baik mencegah daripada mengobati adalah slogan yang dapat diterapkan dengan mudah apabila kita melakukan hal hal sebagai berikut.

1.Jangan malas untuk minum air mineral

    Secara tidak sadar, karyawan yang duduk diruang ber-AC jarang minum Air. Padahal tubuh tetap membutuhkan air walaupun tidak melakukan kegiatan yang mengeluarkan keringat. Manusia membutuhkan 8-10 gelas air per hari atau setara dengan 2 liter per harinya agar tetap terhidrasi.

    Manfaatkanlah tumblr minuman lucu untuk sebagai motivator untuk minum air, mudah bukan?

    2.Tidak menahan buang air’

    Sering kali kita menahan untuk ke toilet karena hal hal tertentu. Padahal semakin lama ditahan, maka bagian perut di bawah pusar akan terasa sakit. Hal ini akan mengganggu kinerja organ tubuh serta berisiko untuk terkena infeksi saluran kemih. Selain itu, berjalan ke toilet dapat memberikan waktu bagi tubuh untuk bergerak dan mengistirahatkan mata dari komputer. Wah jadi bisa refreshing dikit nih walau cuma ke toilet.

    3.Beristirahat sejenak

    Banyak karyawan yang terlalu memaksakan diri mereka atau terlalu asik bekerja hingga lupa waktu. Secara tidak sadar otot pada tubuh akan terasa sakit atau pegal dan kepala terasa berat. Sebelum hal itu terjadi, lakukanlah gerakan stretching sederhana, kedipkan mata lebih lama, lihatlah benda atau barang selain komputer, dan berdiri sebentar. Nah jadi makin banyak kan variasi kegiatan yang bisa di lakukan?

    4.Posisi kerja yang ergonomis

    Posisikan komputer atau laptop yang benar, yaitu sejajar dengan tinggi kepala guna mencegah terjadinya masalah kesehatan. Postur duduk saat berada di depan komputer yaitu memposisikan badan secara tegak dengan lengan bagian bawah sejajar dengan permukaan meja dan keyboard. Usahakan untuk duduk dalam posisi pundak yang mundur dan santai. Cara ini bisa mengurangi sakit leher, mata pedih, dan low back pain.

    Itu dia kiat kiat yang bisa kita terapkan bersama, sederhana dan mudah kan? Jangan lupa selalu mencuci tangan ya sebelum makan. Salam sehat 😀

    Penulis: Andini Kusumawardani

    Tags: ,

    Leave A Comment

    12 + six =