Tips dan Trik Tetap Semangat Bekerja di Bulan Ramadhan

  • Home
  • Tips dan Trik Tetap Semangat Bekerja di Bulan Ramadhan

Halo Siptizen! Sudah tidak terasa nih, sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Bagi hampir keseluruhan umat Muslim, menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh adalah kewajiban yang harus dipenuhi. Namun, di tengah keterbatasan waktu dan energi yang timbul akibat puasa, menjaga produktivitas dan fokus di tempat kerja bisa menjadi tantangan tersendiri.

Cuaca dan iklim yang berubah di beberapa wilayah juga dapat mempengaruhi performa kerja kita. Kekurangan cairan dan kurangnya asupan makanan selama berpuasa dapat mengakibatkan penurunan energi dan konsentrasi. Ini bisa menjadi hal yang sulit dihadapi terutama bagi pekerja yang memiliki tuntutan fisik atau mental tinggi di tempat kerja.

Nah untuk itu, kali ini saya akan berikan beberapa tips agar tetap semangat bekerja di bulan Ramadhan:

  •  Sahur dan berbuka dengan konsumsi makanan bergizi seimbang

Ketika Siptizen sahur, sebaiknya konsumsi lebih banyak protein dan hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula. Namun sebaliknya, ketika berbuka puasa sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi yang manis dulu (contohnya dengan buah kurma) untuk mengembalikan tenaga. Lebih bagus lagi jika menu sahur atau berbuka juga dibarengi dengan konsumsi suplemen/vitamin penambah stamina agar teman teman Siptizen selalu bugar disaat bekerja.

  • Minum air putih yang cukup

Tips yang kedua yaitu minum air putih yang cukup ketika sahur dan berbuka puasa. Hal ini sangat dianjurkan untuk menghindari dehidrasi ya teman-teman. Disamping minum air putih yang cukup, sebaiknya kita juga menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein. Meskipun kafein mampu membuat kita tidak mengantuk selama bekerja, akan tetapi selama menjalankan ibadah puasa, kafein justru dapat memicu naiknya asam lambung yang disertai mual, lho.

  • Mengatur kembali jadwal tidur

Bagi orang yang terbiasa tidur larut malam, alangkah baiknya selama menjalankan ibadah puasa ini jangan lagi tidur terlalu malam. Efek dari melakukan hal ini, teman-teman Siptizen dapat menjalankan sahur dengan badan yang lebih bugar dan di pagi harinya siap untuk bekerja dengan baik.

  • Jangan terlalu banyak duduk

Ketika melakukan aktivitas pekerjaan, pastinya kebanyakan Siptizen mengerjakannya sambil duduk nih, apalagi bagi kita yang memang pekerjaannya di depan komputer. Nah sebaiknya teman teman meluangkan waktu untuk sekedar berdiri dan jalan sejenak nih, untuk merilekskan tubuh.

  • Lakukan olahraga ringan

Meskipun menjalankan ibadah puasa, olahraga itu tetap harus dilaksanakan agar tubuh kita selalu dalam kondisi yang fit. Teman teman bisa melakukan olahraga ringan saja ya bukan olahraga yang berat karena olahraga berat justru membuat kita mengeluarkan energi terlalu banyak.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kita lakukan selama bekerja di bulan Ramadhan. Sampai berjumpa lagi di postingan artikel selanjutnya, see ya!

Penulis: Sumardi

Tags: ,

Leave A Comment

three × 4 =