Pencegahan Kejahatan di Dunia Cyber

  • Home
  • Pencegahan Kejahatan di Dunia Cyber

Tahukah Siptizen, berdasarkan data dari Comparitech, total serangan ransomware dari tahun 2018 hingga Mei 2023 telah mencapai angka 4.735 kasus dalam skala global. Jika dirinci, jumlah serangan ransomware yang tercatat pada periode Mei 2023 sendiri adalah sebanyak 703 kasus.

Perkembangan dunia teknologi saat ini tentunya tidak dapat dihindari. Di masa ini, hampir seluruh aspek hidup kita telah bergantung pada perangkat-perangkat teknologi informasi untuk kita dapat berkomunikasi satu sama lain. Dengan semakin bergantungnya kita terhadap teknologi, data pribadi kita menjadi hal yang sangat penting untuk dijaga keamanannya.

Di dalam dunia digital, tentunya banyak ancaman-ancaman siber yang dapat terjadi. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mencegah hal itu sebelum benar terjadi.

Berikut beberapa tips untuk Siptizen untuk mengamankan data pribadi dari berbagai ancaman siber:

1.Jangan mengunduh file dari sumber tidak di kenal

Banyak sekali modus kejahatan dalam dunia siber. Salah satu contohnya adalah dengan cara mengirimkan file yang disisipkan oleh virus atau tools tertentu sehingga pelaku dengan leluasanya mengambil kontrol akun beserta data dan informasi penting di dalamnya. Biasanya, modus kejahatan ini diawali oleh pelaku mengirimkan file berupa apk atau bentuk lainnya dengan niat dan strategi tertentu agar calon korban mengunduh dan melakukan instalasi aplikasi. Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengunduh file dari pengirim yang tidak diketahui asal usulnya.

2.Jangan membagikan informasi penting di social media.

Dalam mengamankan data pribadi, Siptizen juga harus selektif dalam membagikan sesuatu di dalam media sosial ya. Saat ini tindakan pencegahan kebocoran data pribadi bisa dilakukan dengan cara tidak menyerahkan data pribadi seperti nomor rekening bank, NIK, dan KK kepada siapapun. Dengan melakukan hal ini, kita jadi satu langkah lebih jauh dari peristiwa pencurian data.

3.Usahakan jangan mengunakan aplikasi bajakan

Dalam menunjang pekerjaan sehari-hari, tentunya kita membutuhkan aplikasi-aplikasi tertentu. Meningkatnya kebutuhan akan software saat ini menyebabkan kemunculan oknum nakal yang melakukan pembajakan software. Hal ini juga didukung dengan maraknya penggunaan software bajakan. Dalam software bajakan sendiri, ada kemungkinan virus dan addware telah disisipkan di dalamnya yang tentunya akan mengancam keamanan komputer Siptizen. Oleh karena itu, usahakan jangan mengunakan aplikasi bajakan ya.

4.Jangan asal klik tautan yang dikirim oleh pihak tidak dikenal

Apabila teman-teman Siptizen menemukan link yang mencurigakan, waspada agar jangan sembarang meng-klik link tersebut. Bisa saja itu merupakan link palsu atau phising. Segeralah keluar dari situs mencurigakan tersebut ya agar komputer yang kalian gunakan tetap aman. Sudah banyak kejadian terkait phising akibat dari klik sembarangan link yang diberikan oleh pengirim yang tidak di kenal lho.

5.Gunakan kombinasi password yang kuat

Siptizen mungkin bertanya-tanya, mengapa kita membutuhkan password yang kuat? Faktanya adalah meskipun mayoritas website sudah aman, selalu ada kemungkinan orang lain dengan niat yang kurang baik mencoba untuk mengakses atau mencuri informasi teman-teman sekalian. Oleh karena itu, kombinasi dari password haruslah kuat. Siptizen sekalian dapat mengkombinasikan huruf, angka dan simbol yang membuat password dari teman-teman Siptizen menjadi lebih kuat.

Nah. Jadi, itulah beberapa dari sekian banyak teknik pencegahan dari kejahatan dunia cyber ya teman-teman Siptizen. Semoga teman-teman Siptizen terhindar dari segala jenis kejahatan di dunia cyber. Semoga bermanfaat ya.

Penulis: Sumardi

Tags: , , ,

Leave A Comment

twenty + eleven =