September

Bulan September adalah bulan yang penuh dengan perubahan. Sebagian besar dunia yang berada di belahan utara mengalami perubahan cuaca yang mencolok saat musim panas berakhir dan musim gugur dimulai. Ini adalah bulan yang diisi dengan warna-warni dedaunan yang mulai berubah menjadi merah, kuning, dan oranye. Namun, September bukan hanya tentang perubahan cuaca dan dedaunan yang berubah, tetapi juga memiliki makna budaya dan sejarah yang kaya.

Asal Usul Nama “September”

Nama “September” berasal dari kata Latin “septem,” yang berarti “tujuh.” Ini mungkin tampak aneh karena September adalah bulan kesembilan dalam kalender Gregorian yang kita gunakan saat ini. Awalnya, bulan September adalah bulan ketujuh dalam kalender Romawi yang lama. Kalender Romawi awal dimulai pada bulan Maret, sehingga September adalah bulan ketujuh. Kemudian, kalender tersebut direvisi oleh Julius Caesar dan Agustus Caesar, sehingga menempatkan bulan September menjadi bulan kesembilan dalam kalender baru mereka.

Musim Gugur Dimulai

Bulan September adalah awal dari musim gugur di belahan utara bumi. Saat kita bergerak dari musim panas ke musim gugur, suhu mulai menurun, hari-hari menjadi lebih pendek, dan malam lebih panjang. Ini adalah saat yang dinantikan oleh banyak orang karena cuaca yang lebih sejuk dan kenyamanan musim gugur yang seringkali diiringi oleh berbagai aktivitas seperti mengumpulkan apel, berkumpul di sekitar api unggun, dan menikmati pemandangan dedaunan yang berubah warna.

Peristiwa Bersejarah di Bulan September

Bulan September juga menyimpan berbagai peristiwa bersejarah yang signifikan. Beberapa di antaranya adalah:

  • 28 September 1066 – Pertempuran Stamford Bridge: Pertempuran Stamford Bridge adalah pertempuran penting dalam sejarah Inggris. Raja Harold II dari Inggris berhasil mengalahkan pasukan Norwegia yang dipimpin oleh Raja Harald Hardrada, tetapi kemudian dia harus menghadapi invasi Normandia yang fatal di Pertempuran Hastings.
  • 21 September 1937 – Pembukaan Golden Gate Bridge: Jembatan Golden Gate di San Francisco, California, dibuka untuk lalu lintas pada tanggal ini. Jembatan ini menjadi salah satu ikon kota dan dunia.
  • 1 September 1945 – Proklamasi Kemerdekaan Indonesia: Pada tanggal ini, Soekarno dan Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di Jakarta. Ini adalah peristiwa penting yang menandai awal kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda.
  • 5 September 1945 – Konferensi Meja Bundar: Perundingan antara perwakilan Indonesia dan Belanda dimulai di Den Haag, Belanda. Konferensi ini bertujuan untuk mengakhiri konflik dan mengakui kemerdekaan Indonesia, yang akhirnya tercapai dalam perjanjian pada tahun 1949.
  • 17 September 1945 – Proklamasi Pembentukan BPUPKI: Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang di bawah pimpinan Letnan Jenderal Kumakichi Harada. BPUPKI memainkan peran penting dalam merumuskan dasar-dasar konstitusi Indonesia.
  • 17 September 1950 – Penandatanganan Piagam Jakarta: Lima negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam, menandatangani Piagam Jakarta, yang mendirikan Asosiasi Asia Tenggara (ASEAN) untuk mempromosikan kerjasama regional.
  • 23 September 1957 – Proklamasi Kemerdekaan Malaysia: Di Kuala Lumpur, Federasi Malaya yang terdiri dari negara-negara Malaya, Singapura, Sabah, dan Sarawak memproklamasikan kemerdekaan sebagai Federasi Malaysia. Singapura kemudian keluar dari federasi pada tahun 1965.
  • 12 September 1998 – Reformasi 1998: Demonstrasi besar-besaran di Indonesia dimulai sebagai respons terhadap kejatuhan nilai rupiah dan memuncak dengan pengunduran diri Presiden Soeharto pada Mei 1998. Peristiwa ini menjadi awal dari era reformasi di Indonesia.
  • 30 September 1965 – Gerakan 30 September: Sebuah kelompok militer yang dikenal sebagai Gerakan 30 September mencoba kudeta di Indonesia. Kudeta ini gagal, dan peristiwa ini memicu peristiwa G30S/PKI yang mengakibatkan penghapusan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan pembunuhan massal yang dikenal sebagai “Pembantaian 1965-1966.”
  • 30 September 1999 – Referendum Timor Timur: Setelah puluhan tahun pendudukan Indonesia, Timor Timur mengadakan referendum kemerdekaan yang diawasi oleh PBB. Hasilnya adalah suara mendukung kemerdekaan, yang kemudian mengarah pada pembentukan Timor-Leste sebagai negara merdeka pada tahun 2002.
  • 11 September 2001 – Serangan Teroris di Amerika Serikat: Serangan teroris oleh al-Qaeda di Amerika Serikat terjadi pada tanggal ini. Teroris menyerang Menara Kembar di World Trade Center di New York City dan Pentagon di Washington, D.C., yang mengakibatkan kerusakan besar dan kehilangan ribuan nyawa.
  • 27 September 2002 – Bom Bali: Serangan bom di Kuta, Bali, mengakibatkan lebih dari 200 orang tewas, sebagian besar adalah wisatawan asing. Serangan ini merupakan salah satu serangan terorisme paling mematikan dalam sejarah Indonesia.

Bulan September adalah waktu yang penuh dengan perubahan dan peristiwa bersejarah yang penting. Ini adalah awal dari musim gugur yang indah dan juga mengingatkan kita pada kenangan yang menggerakkan hati kita. Meskipun bulan ini mungkin hanya berlangsung selama 30 hari, maknanya dalam sejarah, budaya, dan alam membuatnya menjadi bulan yang istimewa.

Penulis: Hanif Mediandra

Tags: , , ,

Leave A Comment

13 + sixteen =