Workplace Humor

  • Home
  • Workplace Humor

Dalam bekerja kita dituntut untuk dapat lebih focus dan berkonsentrasi agar pekerjaan yang kita lakukan bisa memiliki hasil yang optimal dan sesuai dengan harapan. Namun tidak jarang rutinitas tersebut jika berlebihan justru dapat menciptakan stress yang membuat produtifitas kita dalam bekerja menjadi menurun. Nah, terkadang sedikit Bercanda Atau membuat lelucon di tempat kerja dapat sedikit mencairkan suasana loh.

‘Apakah boleh? Kan kita dibayar untuk bekerja. Bukan untuk bercanda dan tertawa?’

Benar. Tapi, menggunakan waktu sebanyak 5 menit untuk menceritakan pengalaman lucu yang terjadi pada dirimu di akhir pekan lalu kepada temanmu di pagi hari saat kalian datang bersamaan, atau saat kalian sama-sama sedang merasa stuck ditengah pekerjaan tidak akan menganggu alur pekerjaanmu. Bahkan malah sebaliknya.

Beberapa manfaat dari penggunaan humor di tempat kerja:

  1. 1. Suasana kerja yang lebih ringan
  2. 2. Tingkat stress yang menurun
  3. 3. Peningkatan hubungan interpersonal antar anggota organisasi
  4. 4. Rasa kepemilikan di lingkungan pekerjaan
  5. 5. Kohesivitas tempat kerja secara keseluruhan
  6. 6. Kesehatan mental yang meningkat
  7. 7. Keakraban leader dengan timnya

Tetapi, sama seperti hal lainnya, penggunaan humor yang berlebihan dan tidak beraturan dapat menyebabkan dampak negatif. Contohnya:

  • – Penggunaan lelucon yang agresif atau bersifat menyerang
  • – Lelucon yang melewati batas bagi beberapa orang
  • – Menganggu coworker lain yang sedang berusaha untuk fokus

Humor di tempat kerja bisa berbentuk apa saja. Karena pada dasarnya, humor juga merupakan salah satu identitas sekaligus kebudayaan unik dari masing-masing organisasi.

Jadi, jangan lupa bercanda hari ini SIPtizen! Tetap sopan, bijak, dan anti-offensive ya ~

Penulis : Alvin

Leave A Comment

nineteen − 17 =