Web Application Security

  • Home
  • Web Application Security

Apa Itu Web Application Security?

Keamanan aplikasi web mengacu pada berbagai proses, teknologi, atau metode untuk melindungi server web, aplikasi web, dan layanan web seperti API dari serangan ancaman berbasis Internet. Keamanan aplikasi web sangat penting untuk melindungi data, pelanggan, dan organisasi dari pencurian data, gangguan dalam kelangsungan bisnis, atau hasil kejahatan dunia maya lainnya yang berbahaya.

Kenapa Web Application Security Sangat Penting?

Dunia saat ini berjalan pada aplikasi, mulai dari perbankan online dan aplikasi kerja jarak jauh hingga pengiriman hiburan pribadi dan e-commerce. Tidak mengherankan bahwa aplikasi adalah target utama penyerang, yang mengeksploitasi kerentanan seperti kelemahan desain serta kelemahan dalam API, kode sumber terbuka, widget pihak ketiga, dan kontrol akses.

Serangan umum terhadap aplikasi web meliputi:

Bagaimana Web Application Security Bekerja?

Pendekatan yang berbeda untuk keamanan aplikasi web mengatasi kerentanan yang berbeda. Firewall aplikasi web (WAF), di antara yang lebih komprehensif, bertahan terhadap berbagai jenis serangan dengan memantau dan mem-filter lalu lintas antara aplikasi web dan pengguna mana pun. Dikonfigurasi dengan kebijakan yang membantu menentukan lalu lintas mana yang aman dan tidak, WAF dapat memblokir lalu lintas berbahaya, mencegahnya menjangkau aplikasi web, dan mencegah aplikasi melepaskan data yang tidak sah.

Metode keamanan aplikasi web lainnya berfokus pada otentikasi pengguna dan manajemen akses, pemindai kerentanan aplikasi, manajemen cookie, visibilitas lalu lintas, dan daftar penolakan IP.

Bagaimana SIP Menangani Web Application Security?

Beberapa upaya terus dilakukan untuk memperbaiki keamanan web application diantaranya;

  1. Meminta professional untuk ‘Attack’ web applikasi.
  2. Mengikuti dan mempelajari artikel Web Application Security
  3. Selalu memiliki Backup
  4. Memastikan output user bersih
  5. Memastikan tetap Up-to-date
  6. Memiliki kebijakan penanganan kata sandi
  7. Penggunaan SSL(HTTPS)

Penulis : Sunu

Leave A Comment

10 + 12 =