Integritas

Integritas

Integritas adalah melakukan sesuatu yang sesuai dengan nilai yang kita aminkan. Tetapi, di sisi lain, integritas juga berarti melakukan sesuatu yang kita bilang akan kita lakukan kepada orang lain.

Yuk kita bahas lebih lanjut.

Integritas Personal

Konsep ini menandakan integritas yang terjadi dalam pikiran individu itu sendiri. Apakah dia menganut nilai, etika, serta norma yang tepat? Apakah dia berhasil menjadikan hal-hal tersebut menjadi perilaku yang baik?

Individu berintegritas akan melakukan segala halnya sesuai dengan aturan dan etika yang ada. Walaupun saat ada kesempatan untuk berbuat curang dan tidak ada orang lain yang dapat menyaksikan kecurangan tersebut. Integritas berarti jujur dan taat aturan, bahkan saat tidak ada supervisi yang sedang menyorot ke arah kita.

Saat kita melakukan hal yang benar, walaupun tidak ada orang lain yang melihat kita dan memuji kita karena melakukan hal tersebut, itu semua tidak masalah. Karena kita pun akan merasa puas dan bangga terhadap diri kita sendiri.

Integritas Perilaku

Selain integritas personal yang konsepnya lebih ke dalam diri individu sendiri, ada juga konsep bernama integritas perilaku. Saat orang lain melihat kita, perilaku kita lah yang akan mereka jadikan patokan tentang diri kita yang sebenarnya. Apakah kita orang baik? Apakah kita orang yang dapat dipercaya? Apakah kita orang yang bisa diberikan tanggung jawab?

Saat individu mendeklarasikan kepada lingkungannya bahwa ia akan melakukan perilaku A dan tidak akan melakukan perilaku B, lingkungannya akan mengingat perkataan individu tersebut dan suatu hari nanti meminta pertanggung jawaban. Saat individu gagal melakukan perilaku A dan malah melaksanakan perilaku B, pastinya lingkungannya akan kehilangan rasa percaya pada individu tersebut dan mengaitkannya dengan banyak hal yang negatif, salah satunya adalah tidak berintegritas.

Integritas Perilaku dapat tercapai saat kita melakukan perilaku-perilaku yang sesuai dengan norma dan tidak merugikan orang lain, tetapi juga secara konsisten. Konsistensi memegang peranan penting terhadap kepercayaan lingkungan terhadap diri kita. Dengan menunjukkan perilaku baik yang konsisten, atau dalam kata lain selalu melakukan perilaku baik, individu baru akan mendapatkan kepercayaan dari lingkungannya.

Tanya pada diri sendiri. Apakah diri ini sudah cukup baik untuk dipercaya oleh orang lain? Lalu, apakah kita sudah cukup kapabel untuk menerima kepercayaan lingkungan kita?

Penulis: Alvin

Leave A Comment

eleven + 6 =